Cara Membuat Kue Lapis Tepung Terigu

Cara Membuat Kue Lapis Legit Tepung Terigu dan Tepung Beras Dream.co.id
Cara Membuat Kue Lapis Legit Tepung Terigu dan Tepung Beras Dream.co.id from www.dream.co.id

Article – Cara Membuat Kue Lapis Tepung Terigu

Pengenalan

Kue lapis tepung terigu adalah salah satu jenis kue tradisional Indonesia yang terkenal dengan tekstur yang lembut dan manis. Kue ini biasanya terbuat dari bahan dasar tepung terigu, gula, santan, dan telur. Proses pembuatannya membutuhkan ketelatenan dan kesabaran karena kue ini terdiri dari beberapa lapisan yang harus dipanggang secara bertahap.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue lapis tepung terigu, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • 500 gram tepung terigu
  • 500 ml santan
  • 200 gram gula pasir
  • 5 butir telur
  • 1 sendok teh vanili
  • 1/2 sendok teh garam
  • Pewarna makanan (opsional)

Langkah-langkah Pembuatan

1. Menyiapkan Adonan Dasar

Pertama, siapkan adonan dasar kue lapis dengan mencampurkan tepung terigu, gula pasir, vanili, dan garam dalam sebuah wadah.

Setelah itu, tambahkan santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan tidak menggumpal.

2. Menambahkan Telur

Kemudian, pecahkan telur satu per satu dan masukkan ke dalam adonan. Aduk rata setiap kali menambahkan telur agar adonan tercampur dengan baik.

3. Membagi Adonan

Jika Anda ingin membuat kue lapis warna-warni, bagilah adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang diinginkan. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan dan aduk hingga merata.

4. Membuat Lapisan Kue

Siapkan loyang yang telah diolesi minyak atau dialasi dengan kertas roti. Tuangkan adonan pertama ke dalam loyang dan ratakan permukaannya dengan sendok atau spatula. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 10-15 menit atau hingga lapisan atasnya mengeras.

5. Mengulangi Proses

Setelah lapisan pertama matang, tuangkan adonan kedua di atasnya dan ratakan permukaannya. Panggang kembali dalam oven dengan suhu yang sama selama 10-15 menit atau hingga lapisan kedua matang.

6. Melanjutkan hingga Selesai

Ulangi proses ini hingga semua lapisan adonan habis dan kue lapis terbentuk. Pastikan setiap lapisan matang sebelum menuangkan adonan berikutnya agar kue lapis memiliki tekstur yang sempurna.

7. Penyelesaian

Setelah semua lapisan matang dan kue lapis telah selesai, biarkan kue dingin sejenak sebelum dipotong dan disajikan. Kue lapis tepung terigu siap dinikmati.

Penutup

Membuat kue lapis tepung terigu memang membutuhkan waktu dan ketelatenan, tetapi hasilnya akan terbayar dengan kelezatan kue yang lembut dan manis. Nikmati kue lapis ini bersama keluarga atau sahabat sebagai camilan di waktu santai.