Cara Membuat Kentang Goreng Ala Kfc

Cara Membuat Kentang Goreng ala KFC yang Enak!
Cara Membuat Kentang Goreng ala KFC yang Enak! from www.naminagus.com

Pengantar

Siapa yang tidak suka dengan kentang goreng ala KFC? Rasanya yang gurih dan renyah membuat siapa saja tergoda untuk menikmatinya. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya membuat kentang goreng ala KFC itu tidak sulit? Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah diikuti. Di artikel ini, kami akan membagikan cara membuat kentang goreng ala KFC yang lezat dan renyah. Simak terus!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kentang goreng ala KFC, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahannya. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan:

1. Kentang

Anda dapat menggunakan jenis kentang apa saja, namun kentang dengan tekstur yang lebih padat akan lebih baik. Pilih kentang yang segar dan tidak terlalu besar. Ukuran yang ideal adalah kentang dengan diameter sekitar 5 cm.

2. Tepung Terigu

Anda membutuhkan tepung terigu untuk melapisi kentang sehingga menjadi renyah saat digoreng. Pastikan Anda menggunakan tepung terigu yang serbaguna atau tepung terigu protein tinggi.

3. Tepung Maizena

Tepung maizena digunakan untuk memberikan lapisan yang lebih renyah pada kentang. Anda juga dapat menggunakan tepung jagung sebagai pengganti tepung maizena.

4. Bumbu-Bumbu

Untuk memberikan rasa kentang goreng ala KFC yang lezat, Anda membutuhkan bumbu-bumbu seperti garam, lada, paprika, bawang putih bubuk, dan bawang merah bubuk. Anda juga dapat menambahkan bumbu lain sesuai dengan selera Anda.

5. Minyak Goreng

Minyak goreng digunakan untuk menggoreng kentang hingga matang dan berwarna keemasan. Pilih minyak goreng yang memiliki titik asap tinggi, seperti minyak kelapa atau minyak sayur.

Langkah-Langkah Pembuatan

1. Persiapan Kentang

Cuci kentang dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan patikan. Setelah itu, kupas kulit kentang dengan menggunakan pisau atau pengupas kentang. Potong kentang menjadi bentuk batang dengan lebar sekitar 1 cm.

2. Rendam Kentang

Setelah kentang dipotong, rendam kentang dalam air dingin selama sekitar 30 menit. Hal ini akan membantu mengeluarkan kelebihan pati dan membuat kentang lebih renyah saat digoreng.

3. Campurkan Bumbu-Bumbu

Dalam wadah terpisah, campurkan tepung terigu, tepung maizena, garam, lada, paprika, bawang putih bubuk, dan bawang merah bubuk. Aduk rata hingga bumbu-bumbu tercampur sempurna.

4. Balurkan Kentang dengan Bumbu

Tiriskan kentang yang telah direndam dalam air dingin, lalu balurkan kentang dengan campuran bumbu yang sudah Anda siapkan. Pastikan kentang terbalut bumbu secara merata.

5. Panaskan Minyak Goreng

Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng kentang dengan sempurna.

6. Goreng Kentang

Setelah minyak cukup panas, masukkan kentang ke dalam minyak goreng satu per satu. Jangan terlalu banyak menggoreng kentang sekaligus agar kentang tetap renyah. Goreng kentang hingga berwarna keemasan dan matang sempurna.

7. Tiriskan dan Sajikan

Angkat kentang goreng dari minyak goreng dan tiriskan pada wadah yang dilapisi dengan tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak. Kentang goreng ala KFC siap disajikan! Anda dapat menambahkan saus atau bumbu pelengkap lain sesuai dengan selera Anda.

Tips dan Trik

1. Pilih Kentang yang Tepat

Pilih kentang dengan tekstur yang padat agar hasil kentang goreng lebih renyah. Hindari menggunakan kentang yang terlalu besar atau terlalu kecil.

2. Rendam Kentang dalam Air Dingin

Rendam kentang dalam air dingin selama 30 menit sebelum digoreng. Hal ini akan membantu mengeluarkan kelebihan pati dan membuat kentang lebih renyah saat digoreng.

3. Pastikan Minyak Cukup Panas

Sebelum menggoreng kentang, pastikan minyak dalam keadaan cukup panas. Jika minyak tidak cukup panas, kentang akan menyerap minyak lebih banyak dan menjadi lembek.

4. Jangan Terlalu Banyak Menggoreng Kentang

Agar kentang tetap renyah, jangan terlalu banyak menggoreng kentang sekaligus. Goreng kentang dalam jumlah yang cukup agar hasilnya sempurna.

5. Sajikan dengan Saus atau Bumbu Pelengkap

Kentang goreng ala KFC akan lebih lezat jika disajikan dengan saus atau bumbu pelengkap seperti saus sambal, mayones, atau saus tomat. Tambahkan sesuai dengan selera Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tips-tips yang diberikan, Anda dapat membuat kentang goreng ala KFC yang lezat dan renyah di rumah. Selamat mencoba!