Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Mixer

Cara Membuat Es Krim Rumahan Tanpa Mixer Kumpulan Tips
Cara Membuat Es Krim Rumahan Tanpa Mixer Kumpulan Tips from mudahsaja.my.id

Memuaskan Rasa Manismu dengan Es Krim Buatan Sendiri

Es krim adalah salah satu camilan yang paling disukai oleh banyak orang. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut membuat es krim menjadi pilihan yang sempurna untuk menghadapi cuaca panas. Namun, tidak semua orang memiliki mixer untuk membuat es krim di rumah. Jangan khawatir, kamu masih bisa membuat es krim sederhana tanpa mixer. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba.

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat es krim sederhana, pastikan kamu memiliki semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang umumnya digunakan dalam membuat es krim sederhana tanpa mixer antara lain:

– 2 gelas susu cair

– 1 gelas gula pasir

– 2 sendok makan tepung maizena

– 1 sendok makan ekstrak vanila

– Es batu secukupnya

– Garam secukupnya

2. Persiapan dan Langkah Pertama

Pertama-tama, siapkan panci yang cukup besar untuk memasak adonan es krim. Campurkan susu cair, gula pasir, dan tepung maizena di dalam panci tersebut. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung maizena yang terlihat. Setelah itu, panaskan panci dengan api sedang hingga adonan mulai mendidih.

3. Menggumpalkan Adonan Es Krim

Setelah adonan mulai mendidih, tambahkan ekstrak vanila dan aduk rata. Biarkan adonan terus dimasak dengan api sedang hingga mulai mengental. Jika adonan sudah mengental, matikan api dan biarkan adonan dingin selama beberapa menit.

4. Cara Membekukan Adonan Es Krim

Setelah adonan dingin, tuangkan adonan ke dalam wadah yang tahan freezer. Pastikan wadah sudah bersih sebelum digunakan. Tutup wadah dengan rapat dan letakkan dalam freezer. Biarkan adonan es krim membeku selama minimal 4 jam atau hingga benar-benar beku.

5. Mengaduk Adonan yang Telah Membeku

Selama proses pembekuan, adonan es krim akan membentuk kristal es yang perlu dipecahkan agar teksturnya tetap lembut. Untuk menghindari pembentukan kristal es yang terlalu besar, keluarkan adonan dari freezer setiap 30-60 menit dan aduk-aduk dengan sendok atau garpu. Lakukan ini sebanyak 3-4 kali selama proses pembekuan.

6. Sajikan Es Krim Sederhana

Setelah adonan es krim benar-benar membeku dan memiliki tekstur yang lembut, es krim sederhana siap untuk disajikan. Ambil beberapa scoop es krim menggunakan sendok es krim atau sendok biasa. Tempatkan es krim di dalam mangkuk atau cone es krim. Kamu juga bisa menambahkan topping atau saus favoritmu untuk memberikan variasi rasa.

7. Tips dan Trik

– Gunakan susu cair yang memiliki kandungan lemak tinggi untuk mendapatkan tekstur es krim yang lebih lembut dan kaya rasa.

– Jika tidak memiliki tepung maizena, kamu bisa menggantinya dengan tepung maizena.

– Jangan lupa untuk mengocok adonan sebelum menuangkan ke dalam wadah untuk pembekuan. Hal ini akan membantu menghasilkan es krim yang lebih lembut.

– Jika kamu tidak memiliki ekstrak vanila, kamu bisa menggantinya dengan bubuk vanila atau ekstrak rasa lain sesuai selera.

8. Nikmati Es Krim Buatanmu Sendiri!

Sekarang kamu tahu cara membuat es krim sederhana tanpa mixer. Kamu tidak perlu khawatir jika tidak memiliki mixer di rumah. Nikmatilah es krim buatanmu sendiri dan rasakan kepuasan saat mencicipi rasa manis yang lezat. Selamat mencoba!