Tips Cara Membuat Cilor Jajanan Anak Sd

Cara Membuat Cilor khas Jajanan Anak SD, Dijamin Bikin Ketagihan
Cara Membuat Cilor khas Jajanan Anak SD, Dijamin Bikin Ketagihan from www.rctiplus.com

Siapa yang tidak suka dengan jajanan anak SD yang satu ini? Cilor, atau sering juga disebut cilok, adalah makanan ringan yang digemari oleh banyak anak. Biasanya cilor terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti daging, sayuran, atau keju. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat cilor menjadi pilihan yang tepat untuk dijadikan camilan sehat bagi anak-anak.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

Sebelum memulai proses pembuatan cilor, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan:

1. Tepung Tapioka

Anda akan membutuhkan sekitar 500 gram tepung tapioka untuk membuat cilor. Tepung tapioka ini dapat Anda beli di toko bahan makanan terdekat atau supermarket.

2. Daging Ayam atau Daging Sapi

Anda dapat memilih daging ayam atau daging sapi sesuai dengan selera. Potong daging tersebut menjadi ukuran kecil-kecil agar mudah diolah.

3. Bawang Putih

Satu atau dua siung bawang putih akan memberikan aroma yang sedap pada cilor Anda. Haluskan bawang putih agar mudah tercampur dengan adonan cilor.

4. Daun Bawang

Potong daun bawang menjadi potongan kecil untuk memberikan rasa segar pada cilor.

5. Garam dan Merica

Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk memberikan rasa pada cilor. Pastikan untuk mencicipi adonan agar sesuai dengan selera Anda.

Langkah-langkah Pembuatan Cilor:

Setelah semua bahan tersedia, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat cilor:

1. Campurkan Tepung Tapioka dengan Air

Ambil wadah besar dan campurkan tepung tapioka dengan air. Aduk-aduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan. Jika masih terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung tapioka.

2. Tambahkan Bawang Putih, Garam, dan Merica

Masukkan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam adonan tepung tapioka. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

3. Masukkan Potongan Daging dan Daun Bawang

Tambahkan potongan daging ayam atau sapi ke dalam adonan. Jangan lupa juga untuk memasukkan potongan daun bawang. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata.

4. Bentuk Adonan Menjadi Bulatan

Ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil. Ulangi hingga semua adonan habis.

5. Rebus Cilor dalam Air Mendidih

Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Setelah itu, masukkan cilor ke dalam air mendidih dan biarkan hingga cilor mengapung. Angkat cilor dan tiriskan.

6. Sajikan Cilor Hangat

Cilor siap disajikan! Anda dapat menyantapnya dalam keadaan hangat. Untuk tambahan rasa, Anda bisa membuat saus kacang atau saus tomat sebagai pelengkap.

Tips dan Variasi Cilor:

Berikut adalah beberapa tips dan variasi cilor yang dapat Anda coba:

1. Tambahkan Keju

Jika ingin cilor lebih lezat, Anda bisa menambahkan potongan keju ke dalam adonan. Keju akan memberikan rasa creamy yang nikmat.

2. Gunakan Bahan Tambahan

Selain daging, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti sayuran atau seafood. Misalnya, potongan wortel, jamur, atau udang.

3. Sajikan dengan Saus Favorit

Jika ingin cilor lebih enak, sajikan dengan saus favorit Anda. Misalnya, saus sambal, saus tomat, atau saus keju.

4. Panggang atau Goreng Cilor

Selain direbus, Anda juga bisa memanggang atau menggoreng cilor. Panggang atau goreng cilor hingga kecokelatan untuk mendapatkan tekstur yang renyah.

Dengan mengikuti tips dan variasi di atas, Anda dapat menciptakan cilor yang berbeda setiap kali membuatnya. Selamat mencoba!