Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Kental

Ini Dia Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ala Madura
Ini Dia Tips Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Ala Madura from wiratech.co.id

Pendahuluan

Siapa yang tidak suka dengan bubur kacang hijau kental yang lezat dan menggugah selera? Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang sangat populer. Rasanya yang manis dan kental membuatnya menjadi hidangan yang sempurna untuk disantap di pagi atau sore hari.

Jika Anda ingin mencoba membuat bubur kacang hijau kental sendiri di rumah, kami akan berbagi tips dan cara untuk Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda akan dapat membuat bubur kacang hijau yang lezat dan nikmat seperti yang Anda impikan.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bubur kacang hijau kental. Berikut adalah daftar bahan yang Anda perlukan:

  • 250 gram kacang hijau
  • 200 gram gula pasir
  • 1 liter air
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 500 ml santan kental

Langkah-langkah Pembuatan

Langkah 1: Mencuci dan Merendam Kacang Hijau

Pertama, cuci kacang hijau dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau kotoran yang mungkin melekat. Setelah itu, rendam kacang hijau dalam air selama minimal 2 jam. Hal ini akan membantu kacang hijau menjadi lebih empuk saat dimasak.

Langkah 2: Memasak Kacang Hijau

Setelah kacang hijau direndam, tiriskan air rendaman dan masukkan kacang hijau ke dalam panci. Tambahkan air secukupnya dan masak kacang hijau dengan api sedang hingga empuk. Pastikan untuk terus mengaduk agar kacang tidak lengket di dasar panci.

Langkah 3: Menambahkan Gula dan Daun Pandan

Setelah kacang hijau matang, tambahkan gula pasir dan daun pandan ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan gula larut sempurna. Daun pandan akan memberikan aroma yang harum dan sedap pada bubur kacang hijau Anda.

Langkah 4: Menambahkan Garam dan Santan Kental

Selanjutnya, tambahkan garam dan santan kental ke dalam panci. Aduk rata dan biarkan bubur mendidih dengan api kecil. Pastikan untuk terus mengaduk agar bubur tidak lengket di dasar panci dan terbakar.

Langkah 5: Memasak Hingga Kental

Masak bubur kacang hijau dengan api kecil hingga mencapai kekentalan yang diinginkan. Anda dapat mengatur kekentalan sesuai dengan selera Anda. Jika Anda menginginkan bubur yang lebih kental, masak lebih lama dengan api kecil.

Langkah 6: Penyajian

Setelah bubur kacang hijau mencapai kekentalan yang diinginkan, matikan api dan biarkan bubur sedikit dingin sebelum disajikan. Anda dapat menambahkan topping seperti kelapa parut, biji selasih, atau potongan roti sebagai pelengkapnya.

Tips Tambahan

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat membantu Anda dalam membuat bubur kacang hijau kental yang sempurna:

  1. Pilih kacang hijau yang berkualitas baik dan pastikan untuk mencucinya dengan baik sebelum direndam.
  2. Gunakan air rendaman yang cukup saat memasak kacang hijau agar kacang benar-benar empuk.
  3. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit dan aduk rata untuk menghindari gula yang tidak larut.
  4. Pastikan untuk terus mengaduk saat memasak bubur agar tidak lengket di dasar panci.
  5. Biarkan bubur sedikit dingin sebelum disajikan untuk mendapatkan tekstur yang lebih kental.

Dengan mengikuti tips dan langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat bubur kacang hijau kental yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!