Cara Membuat Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer

Resep Membuat Kue Bolu Pisang Belajar Masak
Resep Membuat Kue Bolu Pisang Belajar Masak from belajarmasak.github.io

Pengenalan

Bolu pisang kukus merupakan salah satu kue yang sangat digemari oleh banyak orang. Rasanya yang manis dan lembut membuatnya menjadi pilihan favorit sebagai camilan atau hidangan penutup. Namun, tidak semua orang memiliki mixer di rumah. Jangan khawatir, karena sekarang Anda bisa membuat bolu pisang kukus tanpa mixer. Dengan resep sederhana ini, Anda tetap bisa menikmati lezatnya bolu pisang kukus dengan hasil yang memuaskan.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan bolu pisang kukus tanpa mixer, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

  1. 2 buah pisang matang
  2. 150 gram tepung terigu
  3. 100 gram gula pasir
  4. 3 butir telur
  5. 1 sendok teh baking powder
  6. 1 sendok teh vanili
  7. 50 ml minyak sayur
  8. Secukupnya garam

Langkah-langkah Pembuatan

1. Persiapan

Pertama-tama, persiapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus bolu pisang. Oleskan sedikit minyak pada loyang untuk mencegah adonan bolu menempel. Sisihkan.

2. Pisang

Kemudian, ambil dua buah pisang matang dan haluskan dengan menggunakan garpu. Pastikan pisang benar-benar halus dan tidak ada gumpalan.

3. Adonan

Dalam sebuah wadah, masukkan pisang yang telah dihaluskan tadi. Tambahkan gula pasir dan aduk hingga merata. Setelah itu, masukkan telur satu per satu sambil terus diaduk rata.

4. Tepung

Selanjutnya, masukkan tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk perlahan. Pastikan tidak ada gumpalan tepung dalam adonan. Kemudian, tambahkan baking powder, vanili, dan garam. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

5. Minyak Sayur

Tuangkan minyak sayur ke dalam adonan dan aduk hingga rata. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik.

6. Pengukusan

Setelah adonan siap, tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah dipersiapkan tadi. Ratakan permukaan adonan dengan sendok atau spatula.

7. Pengukusan

Siapkan panci pengukus dengan air yang sudah mendidih. Letakkan loyang adonan ke dalam panci pengukus. Pastikan air tidak masuk ke dalam loyang.

8. Pengukusan

Tutup panci pengukus dengan rapat dan kukus adonan selama kurang lebih 30-40 menit dengan api sedang. Jangan membuka tutup panci selama proses pengukusan agar bolu matang dengan sempurna.

9. Penyelesaian

Setelah 30-40 menit, buka tutup panci dan cek kekematangan bolu dengan menusukkan tusuk gigi ke dalamnya. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti bolu sudah matang.

10. Penyelesaian

Angkat loyang dari panci pengukus dan biarkan bolu pisang kukus tanpa mixer dingin sejenak. Setelah itu, keluarkan bolu dari loyang dan siap disajikan.

Tips Tambahan

Agar hasil bolu pisang kukus tanpa mixer menjadi lebih lezat, Anda bisa menambahkan keju parut atau cokelat chip ke dalam adonan sebelum proses pengukusan. Selain itu, pastikan pisang yang digunakan sudah matang agar rasa manisnya lebih terasa. Jika tidak ada pisang matang, Anda bisa mematangkan pisang dengan cara mengukusnya terlebih dahulu sebelum dihaluskan. Selamat mencoba!