Tutorial: Cara Fotocopy Ktp Bolak Balik Dengan Canon

Cara Fotocopy KTP bolak balik paling mudah beserta gambarnya MasGie
Cara Fotocopy KTP bolak balik paling mudah beserta gambarnya MasGie from sugiyantofitri.blogspot.com

Tutorial: Cara Fotocopy KTP Bolak Balik dengan Canon

Apa yang Anda Butuhkan

Sebelum memulai proses fotokopi KTP bolak balik dengan printer Canon, berikut adalah beberapa benda yang Anda butuhkan:

  • Printer Canon dengan fitur fotokopi
  • Kertas fotokopi
  • KTP yang ingin Anda fotokopi
  • Stabilizer atau stop kontak yang bisa menstabilkan tegangan listrik

Langkah-langkah

1. Persiapkan Printer dan Kertas Fotokopi

Pastikan printer Canon Anda dalam kondisi baik dan terhubung dengan listrik. Masukkan kertas fotokopi ke dalam tray printer. Pastikan tidak terlalu penuh agar kertas tidak macet saat proses fotokopi.

2. Atur Pengaturan Fotokopi

Pada layar printer Canon, pilih opsi fotokopi. Anda dapat memilih ukuran kertas, kecerahan, dan kontras yang diinginkan. Untuk fotokopi KTP, pilih ukuran kertas yang sesuai dengan KTP yaitu A4.

3. Letakkan KTP pada Kaca Fotokopi

Buka penutup printer Canon dan letakkan KTP dengan hati-hati di atas kaca fotokopi. Pastikan KTP tidak bergeser saat ditutup kembali.

4. Mulai Proses Fotokopi

Tutup penutup printer Canon dengan hati-hati agar KTP tetap dalam posisi yang benar. Tekan tombol start atau fotokopi pada printer Canon untuk memulai proses fotokopi.

5. Bolak-balikkan KTP

Setelah proses fotokopi pertama selesai, buka penutup printer Canon dan ambil KTP. Bolak-balikkan KTP dengan hati-hati, pastikan informasi pada kedua sisi terlihat dengan jelas.

6. Letakkan KTP Kembali pada Kaca Fotokopi

Tempatkan KTP kembali pada kaca fotokopi dengan hati-hati. Pastikan tidak ada lipatan atau gesekan yang dapat merusak hasil fotokopi.

7. Lanjutkan Proses Fotokopi

Tutup penutup printer Canon dan tekan tombol start atau fotokopi untuk melanjutkan proses fotokopi. Pastikan kualitas fotokopi pada kedua sisi KTP terlihat baik.

8. Periksa Hasil Fotokopi

Setelah proses fotokopi selesai, periksa hasil fotokopi KTP. Pastikan informasi pada kedua sisi terlihat jelas dan tidak terpotong. Jika ada masalah, Anda dapat mengulangi proses fotokopi.

9. Selesai

Anda telah berhasil melakukan fotokopi KTP bolak balik dengan printer Canon. Pastikan untuk membersihkan kaca fotokopi setelah selesai menggunakan printer.

Tips dan Trik

  • Pastikan KTP dalam kondisi bersih dan tidak terlipat sebelum memulai proses fotokopi.
  • Tetap awasi printer Canon saat proses fotokopi berlangsung untuk menghindari kemungkinan masalah seperti kertas macet.
  • Jika hasil fotokopi terlihat buram atau tidak jelas, Anda dapat mencoba mengatur kecerahan dan kontras pada pengaturan printer.
  • Gunakan kertas fotokopi yang berkualitas untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.