Ketahui Tentang YouTube Dashboard Monetisasi

2 min read

youtube dashboard monetisasi

Diketahui, YouTube dashboard monetisasi merupakan sebuah fitur yang ada di YouTube. Fitur ini dapat digunakan oleh para YouTuber untuk mengelola penghasilannya. Selain itu, YouTuber juga dapat memantau kinerja dari channel miliknya seperti melihat perkembangan terbaru melalui notifikasi.

Ada pula grafik pendapatan yang dapat dijadikan acuan. Lalu, YouTuber bisa memanfaatkan berbagai opsi monetisasi yang tersedia di dashboard YouTube ini. Penjelasan lebih lanjut adalah sebagai berikut.

Pengertian YouTube Dashboard Monetisasi

Adapun dashboard monetisasi yang ada di YouTube merupakan salah satu fitur dari YouTube Studio. Fungsinya adalah untuk mengelola dan memantau kinerja dari channel YouTuber itu sendiri.

Sedangkan, dashboard monetisasi merupakan fitur yang lebih fokus kepada keuangan. Seperti pengelolaan uang yang masuk, jumlah penghasilan dari YouTube, berbagai notifikasi dan juga opsi monetisasi.

Semua YouTuber harus memahami fitur-fitur yang tersedia. Dengan begitu, YouTuber dapat mengetahui naik turunnya grafik pendapatan dari channel YouTube yang dikelolanya. YouTuber pun akan semakin termotivasi untuk meningkatkan berbagai konten kreatif di channel miliknya.

Ikon Notifikasi di YouTube Dashboard Monetisasi

Di dashboard tersebut terdapat berbagai ikon notifikasi yang penting untuk dipahami. Berikut adalah beberapa ikon yang ada dan juga penjelasannya.

  • On. YouTuber mendapatkan adSense secara penuh.
  • Of. YouTuber mematikan monetisasi.
  • Exception. YouTuber hanya dapat menayangkan iklan yang telah dipersonalisasi.
  • Checking. Video yang diunggah oleh YouTuber sedang dicek kelayakan tayangnya.
  • Sharing. YouTuber berbagi hasil dengan pencipta aslinya, misalnya cover lagu.
  • Escrow. YouTuber melanggar hak cipta.
  • Limited. YouTuber melanggar panduan komunitas.
  • Ineligible. Video tidak bisa dimonetisasi karena adanya pelanggaran yang dilakukan.

Opsi Monetisasi

Selain ikon notifikasi, di dashboard monetisasi YouTube juga ada berbagai opsi yang bisa dipilih untuk monetisasi channel akun milik YouTuber. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Inilah Cara Membuat Sorotan di IG dengan Mudah

1. AdSense

Adapun opsi monetisasi yang ada di YouTube dashboard yang pertama adalah AdSense. Diketahui, Ads atau bisa juga disebut dengan iklan ini merupakan sumber penghasilan paling utama bagi para YouTuber.

Jika para YouTuber sudah berhasil memenuhi syarat tertentu seperti jumlah tayangan dan jumlah subscriber maka bisa mendaftar AdSense. Apabila berhasil diterima maka dalam setiap video yang diunggah oleh YouTuber ke channelnya akan muncul iklan.

2. Mitra

Selanjutnya, opsi monetisasi yang tersedia di YouTube adalah melalui mitra. Terdapat beberapa mitra YouTube yang dapat dipilih oleh pemilik channel. Berikut diantaranya:

  • YouTube Premium. Opsi ini berupa langganan berbayar dengan keunggulan berupa bebas iklan, akses premium YouTube music, mengunduh video dan lainnya.
  • Merchandise. Di sini, YouTuber dapat bermitra dengan berbagai retail yang menyediakan merchandise tertentu.
  • Tiket. YouTuber bisa juga bermitra untuk menjual aneka tiket musik. Adapun pendapatan yang bisa diperoleh yaitu melalui bagi hasil.
  • Brand Connec. Di sini, YouTuber dapat berkolaborasi dengan brand tertentu untuk menghasilkan konten yang diinginkan. YouTuber akan mendapatkan penghasilan dari brand tersebut.

3. Shorts Fund

Berikutnya, ada opsi Short Fund yang juga tersedia di YouTube dashboard monetisasi. YouTuber dapat membuat video pendek yang menarik bagi para penonton. Selanjutnya, YouTuber bisa mendaftar sebagai partner program dari YouTube.

4. Membership

Apabila channel YouTube yang dikelola sudah cukup lama dan memiliki banyak subscriber loyal maka YouTuber dapat membuat program membership. Dalam program ini, para member yang ingin masuk harus membayar sejumlah tertentu untuk berlangganan dan mendapatkan konten eksklusif.

5. Super Chat, Thanks dan Stickers

Lalu, ada pula beberapa fitur super yang juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan oleh para YouTuber. Berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Super chat. Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh penonton supaya komentar miliknya lebih tersorot dibandingkan yang lainnya saat sesi YouTube Live.
  • Super thanks. Fitur ini digunakan untuk mengapresiasi YouTuber yang sudah membuat konten yang bermanfaat bagi penontonnya.
  • Super stickers. Stiker ini dapat dibeli oleh para penonton setia channel milik YouTuber.
Baca Juga :  2 Cara Menghubungkan HP Samsung ke TV dengan Mudah dan Cepat

Demikianlah penjelasan mengenai YouTube dashboard monetisasi dan informasi lainnya. Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia, maka bukan tidak mungkin pendapatan YouTuber pun ikut meningkat seiring waktu.